Sunday, March 27, 2011

Earth Hour 2011 : Satu Jam Yang Berharga Bagi Dunia

Earth Hour pada tahun ini tepatnya akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat. Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu.

Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Selanjutnya program ini akan dilaksanakan secara serentak di 128 Negara pada hari Sabtu (26/3) mendatang untuk memunculkan kesadaran terhadap masalah perubahan iklim dan “mengkspresikan bahwa aksi setiap orang dalam skala besar dapat membantu mengubah planet kita menjadi lebih baik. Earth Hour 2011 akan dilaksanakan pada 26 Maret 2011 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik, sebagian besar masih berasal dari penggunaan bahan bakar fosil yang menghasilkan emisi gas CO2. Dengan mematikan listrik selama satu jam, diharapkan emisi CO2 yang merusak bumi akan berkurang.

Simbol Earth Hour yang baru yaitu 60+ yang artinya mengingatkan masyarakat tidak hanya mematikan lampu selama 60 menit, tetapi bagaimana melakukan hemat energi setelahnya.

Sejak 2009 dan 2010, kampanye tersebut menjadi kampanye lingkungan hidup terbesar dalam sejarah karena berhasil meraih 1,5 milyar pendukung dari 4.616 kota di 128 negara.

Dukungan Teknologi

World Wildlife Fund (WWF) memperluas kampanye Earth Hour sampai ke layar iPhone. Lembaga nirlaba itu mendesain sebuah aplikasi bernama 60+ yang akan membantu pengguna iPhone yang ingin terlibat dalam kampanye pada 26 Maret pukul 20.30-21.30 WIB itu.

WWF memang menghadirkan aplikasi khusus mengenai kampanye kesadadaran dalam ikut serta di program Earth Hour ini. Aplikasi ini akan membantu orang-orang biasa mencapai hal-hal yang luar biasa dengan tugas-tugas sederhana yang mengambil gagasan daro Earth Hour.

Dibuat oleh WWF dengan bantuan dari Leo Burnett Group, aplikasi Earth Hour tentang mengambil langkah lebih lanjut dengan mendorong orang untuk melakukan hal-hal untuk membantu planet ini setiap hari, bukan hanya untuk satu jam.

Aplikasi itu akan membantu kaum awam menyelamatkan bumi setiap hari, tak hanya satu jam per tahun, sebagaimana ide Earth Hour. Aplikasi yang sudah tersedia di toko aplikasi iTunes untuk diunduh itu dikembangkan oleh WWF dengan bantuan Leo Burnett Group.

Aplikasi 60+ akan bertindak seperti layanan berbasis lokasi dengan fitur to-do dan checkin. Tetapi alih-alih checkin di sebuah tempat, pengguna akan melakukan checkin bila melakukan tindakan positif berdasarkan daftar yang ada. Misalnya telah memakai pencahayaan alami, mengubah settingan penyejuk udara, atau menginstal pancuran hemat air. Apabila pengguna sudah melakukan banyak aksi, akan ada penghargaan.

WWF dan Bunnet akan melacak pengguna aplikasi ini dan berbagai checkin yang telah dipilih untuk mendata partisipasi dan dampaknya di seluruh dunia. Segera aplikasi ini akan menyediakan Game Center untuk mendorong kompetisi bersahabat antar pengguna.

App bekerja sedikit seperti layanan berbasis lokasi dalam hal ini memiliki kemampuan untuk checkin. Namun untuk aplikasi mobile, Anda akan check-in dari daftar yang disediakan oleh aplikasi.

Ketika Anda check-in lebih banyak tindakan, Anda akan mendapatkan prestasi, yang dapat dibagikan di jaringan sosial yang lebih luas juga.

Selain memperluas Earth Hour, aplikasi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan geografis Earth Hour. Untuk itu, WWF dan Burnett akan melacak checkin individu dan global dan prestasi dalam aplikasi untuk mengukur partisipasi dan dampaknya di seluruh dunia.

Hour Earth Di Indonesia

Sejak beberapa tahun terakhir berbagai kota di Indonesia sudah mulai berpartisipasi. Diantaranya adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogjakarya, Semarang, Medan, Denpasar dan berbagai kota besar lainnya.

Konsumsi energi listrik terbesar di Indonesia berada di Jawa dan Bali yaitu sebesar 78 persen dari total keseluruhan konsumsi listrik nasional.

Jakarta

Diharapkan kegiatan itu tidak hanya dilakukan di kawasan Sudirman – Thamrin dan gedung pemerintahan, tetapi juga mencakup komunitas lebih luas lagi.

Beberapa tahun sebelumnya, pelaksanaan Earth Hour terbukti mampu menghemat energi di Jakarta setara dengan kapasitas produksi listrik satu PLTN kecil. Apabila 10 persen warga Jakarta berpartisipasi, maka kota ini dapat menghemat konsumsi listriknya sebesar 300 MWh. Jumlah tersebut setara dengan mematikan satu pembangkit listrik dan menyalakan sekitar 900 desa, serta mengurangi emisi karbondioksida setara 267,3 ton.

Bandung
Total konsumsi listrik di Jabar besarnya 14,43 persen dari total konsumsi listrik di seluruh Indonesia. Cakupan pelayanan listrik di Jabar saat ini baru 65 persen.Jika sedikitnya 10 persen dari jumlah penduduk Jabar yang terlayani listrik ikut berpartisipasi dalam ‘Earth Hour’ ini maka akan ada penghematan konsumsi listrik sebesar 661,54 MW. Jumlah itu cukup untuk mengistirahatkan dua pembangkit listrik..

Jumlah penghematan konsumsi listrik sebesar 661,54 MW itu juga setara dengan pengurangan emisi CO2 sebesar 589,43 ton atau penghematan biaya listrik hingga Rp 476,3 juta. Daya serap dari 589 pohon dan persediaan 02 untuk lebih dari 1.178 orang

Partisipasi dalam ‘Earth Hour’ maka kita semua akan turut menyelamatkan bumi yang saat ini mulai sakit. Earth Hour ini dilakukan diseluruh dunia. Jadi kita akan menyelamatkan energi dunia.

Sumber : http://mediaanakindonesia.wordpress.com/2011/03/25/earth-hour-2011-satu-jam-yang-berharga-bagi-dunia/

0 comments:

Post a Comment

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates